Dalam teknik modeling 3D terkadang kita dihadapkan pada
suatu pilihan yang mengharuskan seorang modeller menggunakan teknik tertentu
karena mungkin hanya dengan teknik tersebut sebuah model dapat kita buat.
Setiap modeller terkadang memiliki beda pandangan terhadap pendefinisian teknik
modeling ini namun pada dasarnya adalah sama saja. Ada 3 teknik modeling 3
dimensi yang secara umum dapat digunakan setiap kita akan membuat sebuah model
menggunakan aplikasi pemodelan 3D.
3 Teknik Pemodelan 3D tersebut adalah :
- Teknik Primitive Modeling (Solid Geometry Modeling)
- Teknik Polygonal Modeling (Sculpt Modeling)
- Teknik NURBS Modeling (Curve Modeling)
1. Primitive Modeling
Primitive modeling merupakan teknik dasar pemodelan 3d
dengan menggunakan obyek-obyek solid yang sudah ada pada Standar geometri
sehingga disebut juga dengan Constructive Solid Geometry. Obyek-obyek tersebut
adalah box, sphere, cylinder, plane, dsb. Batasan teknik ini adalah pemodelan
dilakukan dengan menggabung-gabungkan obyek dasar pada standart primitive tanpa
merubah bentuk dasar dari obyek tersebut. Dengan demikian teknik ini hanya
dapat digunakan untuk membuat model-model yang standar dan tidak dapat atau
sangat sulit diterapkan untuk membuat model dengan bentuk permukaan yang
komplek.
Primitive Modeling
2. Polygonal Modeling
Polygonal modeling merupakan teknik modeling 3ds max yang
paling banyak digunakan. Hal ini karena teknik ini simple, mudah dipelajari,
dan cepat dalam membuat sebuah model. Polygonal modeling disebut juga dengan
sculpting (memahat) karena proses/hasil dari teknik ini menyerupai memahat atau
pahatan. Teknik ini paling banyak digunakan oleh modeller karena relatif mudah,
simple, cepat dalam pengerjaannya dan tidak membutuhkan resource komputer yang
besar. Teknik polygonal modeling ini lazimnya adalah menggunakan obyek dasar
pada standar primitives geometry dan kemudian dimodifikasi menjadi obyek yang
diinginkan. Untuk memulai teknik ini obyek standar pada primitive geometry terlebih
dahulu dikonversi menjadi editable mesh atau editable poly dan kemudian dengan
memanipulasi atau editing pada vertex, edge, face, poly, border, atau element
dapat digunakan untuk membuat model yang sangat kompleks sesuai kebutuhan
dengan relatif cepat.
Polygonal Modeling
3. NURBS Modeling
Merupakan singkatan dari Non-Uniform Rational B-Spline.
Merupakan sebuah teknik modeling (khususnya dalam 3ds max) dengan fokus utama
pemodelan dengan memanfaatkan kurva dan surface 3d. Dengan teknik NURBS seorang
modeller dapat membuat obyek dengan kurva yang memiliki tingkat kerumitan
tinggi sehingga teknik ini menjadi standar modeling khususnya dalam pembuatan
obyek dengan permukaan kurva. Teknik ini dapat diawali dengan sebuah obyek dari
standar primitive dari solid geometry (untuk obyek solid) dengan terlebih
dahulu dikonversi menjadi editable to NURBS atau langsung melalui panel
Geometry untuk obyek berupa Surface (Non-Solid).
NURBS Modeling
Dari ketiga teknik pemodelan diatas seorang modeller dapat
menggunakan salah satu teknik saja atau bahkan ke-tiga-tiganya sekaligus dalam
modeling obyek dan hal itu disesuaikan dengan kebutuhan.
Video :
Video :
Primitive Modeling
Polygonal Modeling
Tugas :
EmoticonEmoticon